Selasa, 24 Maret 2020

0 Rahasia Membangun Struktur Website yang Baik

Membangun Struktur Website yang Baik

Bagi pengelola website, struktur atau penataan website menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan karena hal ini berkaitan dengan usability dan findability atau kemudahan dalam menggunakan dan kemudahan untuk diakses atau ditemukan. Selain itu, struktur website yang baik juga akan membantu google bot memahami bagaimana website Anda. Hal ini sangat penting untuk SEO website. Oleh karena itu, bagi Anda pemilik atau pengelola website, penting sekali untuk tau bagaimana caranya untuk membuat struktur website yang terbaik. Lalu, bagaimana caranya?

Begini Cara Membuat Struktur Website yang Baik

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki struktur website, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan Tata Letak Konten Website 

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah penataan website. Sebaiknya, buatlah struktur website yang menyerupai piramida. Bagian atas yang merupakan kepala atau judul website sebaiknya dibuat singkat namun tetap menggambarkan keseluruhan isi website. Jadi, pilih kata atau judul yang tepat. Selanjutnya, di bagian bawah kelompokkan menjadi kategori-kategori. Untuk website yang lebih besar, tambahkan juga subkategori-subkategori. Namun, sebaiknya jangan terlalu banyak karena hal ini bisa jadi akan membuat pembaca kebingungan. 


2. Buat Struktur Internal Link yang Valid

Struktur internal yang saling terkait menjadi poin penting selanjutnya. Halaman-halaman yang ada di bagian atas piramid harus tertaut ke sub halaman atau subpages. Sebaliknya, setiap subpages juga harus tertaut kembali ke halaman di atas piramida. Selain itu, harus disertakan juga konten penting atau artikel dasar di bagian atas piramida yang juga harus dihubungkan ke seluruh bagian di blog Anda.

Jika tiap-tiap halaman di blog saling terhubung dengan baik dan profesional, maka sangat besar kemungkinan bahwa situs Anda akan mendapatkan peringkat. Selain itu, menghubungkan tiap-tiap konten seperti ini juga akan membantu mesin pencari untuk menunjukkan konten-konten lain yang terkait. Ini tentu akan menjadi hal sangat menguntungkan bagi Anda. 


3. Pilah Halaman ke dalam Kategori-kategori

Langkah untuk membuat struktur website yang baik selanjutnya adalah dengan membagi entri pada website ke dalam kategori-kategori tertentu. Pembagian ini menjadi poin yang cukup penting, sebab memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kunjungan website Anda. 

Konten yang telah dikelompokkan ke dalam kategori-kategori akan memudahkan pengunjung untuk memilih mana yang ingin dibaca. Selain itu, pembagian ini juga akan membuat website menjadi lebih rapi dan lebih terstruktur.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun kategori-kategori ini. Salah satunya adalah proporsi pembagian. Usahakan pembagian yang dilakukan sudah proporsional, atau pastikan setiap kategori memiliki proporsi yang sama. Jangan sampai ada satu atau beberapa kategori yang besarnya mencapai dua kali lipat dari kategori yang lainnya. 

Karena, hal tersebut akan membuat isi dari kategori banyak yang keluar dari tema kategori yang telah ditetapkan. Jika hal ini dibiarkan, tentunya akan membuat pembaca menjadi bingung. Nah, jika hal ini terjadi, maka solusi yang tepat adalah membagi kembali kategori yang terlalu besar tersebut ke dalam beberapa kategori lagi yang lebih kecil, sehingga tiap-tiap kategori menjadi seimbang dan pengunjung website pun tidak mengalami kebingungan.

4. Tambahkan Tag pada Halaman Anda untuk Memudahkan

Struktur website yang baik juga harus memiliki tag. Dengan menambahkan tag, Anda akan mendapat lebih banyak keuntungan, karena tag dan taksonomi akan memberikan struktur pada situs Anda. Hal ini akan membantu google untuk lebih memahami website Anda. Namun, sebaiknya jangan memberi tag terlalu banyak, karena pos atau artikel yang diberi banyak tag tidak akan membentuk apapun. 

Maksudnya adalah tidak akan terbentuk struktur atau kategori sesuai dengan tag tersebut. Gunakan beberapa tag saja, dan sebaiknya gunakan secara terus - menerus agar terbentuk kelompok-kelompok postingan sesuai dengan tag yang telah Anda berikan. Tag di sini, berfungsi untuk memudahkan pengunjung membaca topik yang sama dalam jumlah yang lebih banyak.

5. Tetapkan Konten Cornerstone

Konten cornerstone merupakan halaman konten yang paling penting dari sebuah website. Konten cornerstone ini bisa diisi dengan artikel yang menurut Anda paling penting. Tentunya bisa memberi gambaran umum tentang isi website Anda. Situs web yang baik setidaknya harus memiliki satu atau dua artikel sebagai penjuru atau konten cornerstone. Buat konten cornerstone ini semenarik mungkin, sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kunjungan website Anda.

Nah, lima hal di atas adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat struktur website yang baik. Jangan lupa terapkan dengan baik agar performa website Anda bisa maksimal. Dengan begitu, pengunjung akan semakin nyaman saat berlama-lama di website Anda. Bukan tidak mungkin, pengunjung yang sebelumnya akan kembali lagi dan lagi karena kenyamanan struktur website yang Anda berikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Zain Marti Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates