Jumat, 29 Mei 2020

Belajar Apa itu FTP (File Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol)

Banyak hal yang dapat dilakukan menggunakan seperangkat komputer. Dengan menggunakan komputer kita dapat menonton video, mengunduh file, mengunggah, dan browsing. Apa yang dapat kita lakukan seperti yang telah kita sebut di atas, tidak akan bisa dilakukan tanpa ada peran FTP.

Lalu apa sih FTP sebenarnya? Mari kita bahas. Apa itu FTP

Pengertian FTP

File Transfer Protokol atau yang biasa disingkat FTP adalah protocol yang membuat jembatan pertukaran informasi dalam seperangkat komputer. Sederhananya FTP adalah cara agar dengan sebuah komputer kita dapay mengunduh dan mengunggah file. Aktivitas-aktivitas tersebut tidak akan dapat dilakukan tanpa bantuan FTP. 

Perlu dicatat bahwa ada dua hal penting FTP, yaitu FTP server dan FTP client. 

Selanjutnya mari kita bahas satu per satu, agar lebih jelas!

Pertama, FTP server adalah server yang menjalankan software. Fungsi software tersebut adalah memberi layanan penukaran file yang selalu akan siap jika ada permintaan dari FTP client. 

Kedua, yaitu FTP client merupakan komputer yang kita unakan untuk melakukan aktivitas. 

Jadi, komputer yang kita gunakan sebagai FTP client haruslah terhubung dengan sebuah FTP server agar dapat menukar file serta melakukan berbagai aktivitas seperti mengunduh, mengunggah, melakukan rename, menghapus, dan berbagai macam aktivitas lainnya.

Sampai sini sudah dapat sedikit gambaran bukan, jadi sederhananya FTP adalah sebuah protocol yang tidak dapat dipisahkan dengan berbagai aktivitas kita dalam menggunakan seperangkat komputer. 

Cara Kerja FTP

Setelah kita sedikit membahas pengertian FTP, selanjutnya mari kita bahas lebih detail bagaimana cara kerja FTP. 


Ketika kita akan mengunduh, mengunggah maupun berbagai aktivitas lain dalam seperangkat komputer, maka dibutuhkan akses dari FTP guna memperluas aksesnya. Dengan begitu seperangkat komputer dapat menjalankan  apa yang kita perintah. 

FTP mengandalkan autentikasi standar yang meminta pengguna/user memasukkan usernamer dan password, agar data dapat diakses. Username dan password menjadi kunci yang dapat digunakan untuk mengakses data di dalamnya. FTP memberikan username dan password sehingga kita dapat memindah, menyalin, membuat dan menghapus data dengan leluasa di dalam direktori penyimpanan seperangkat komputer. 
Nah, sebelum terjadi pertukaran data, FTP client harus terlebih dulu meminta koneksi pada FTP server. Aktivitas seperti mengunduh data, mengunggah data, dan berbagai macam aktivitas lainnya dalam komputer dapat dilakukan apabila FTP client dan FTP server saling terhubung.


Kelebihan dan Kekurang FTP

Sesuatu apapun buatan manusia, tidak ada yang sempurna. Di balik kelebihannya pasti juga terdapat beberapa kekurangan pula. Selanjutnya setelah memahami apa itu FTP dan bagaimana cara kerjanya, sekarang mari kita bahas kelebihan dan kekurangan FTP.

Kelebihan FTP

  • FTP mempunyai keamanan enkripsi pada jaringan yang kita gunakan. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir kalau data ptobadi akan diretas
  • FTP dapat berfungsi sebagai penyimpanan, jadi data yang telah kita kirim tidak akan hilang atau dihapus oleh perangkat komputer dan elektronik lain
  • Menggunakan FTP membutuhkan verifikasi, tetapi sudah terdapat software yang dapat membantu kita untuk melakukannya, beserta petunjuk cara verifikasi. Verifikasi yang kita gunakan dengan software tersebut dapat dilakukan hanya denga dua langkah.
  • FTP dapat menjembatani pertukaran informasi dan data antar komputer. Namun hal tersebut dapat dilakukan selama prosesnya telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang dapat melindungi data yang kita kirim maupun data yang kita terima. 
  • FTP dapat mem-backup data, termasuk adanya restore pada website
  • FTP adalah cara yang mudah dan efisien ketika kita akan melakukan transfer data dan informasi
  • Dengan FTP kita dapat menggunakannya sebagai indeirect computer dan implicit remte computer

Kekurangan FTP

  • FTP adalah protocol yang sangat bergantung pada keamanan enkripsi. Karena tanpa adanya sistem keamanan enkripsi, FTP tidak aman saat digunakan untuk mentransfer data maupun informasi. 
  • FTP mempunyai desain yang tidak terlalu kuat sehingga dapat membahayakan administrator. Hal tersebut disebabkan karena minimnya informasi tentang factor risiko yang akan dihadapi
  • FTP sering melakukan kesalahan menyampaikan informasi. Dengan begitu sering terjadi sehingga administrator dapat kesulitan memahami informasi yang diterima. 

Dari apa yang telah kita bahas kesimpulannya FTP adalah perangkat yang mempunyai peran vital. Pada artikel ini kita telah membahas apa itu FTP, bagaimana cara kerjanya, apa saja kelebihan dan kekurangan FTP. Nah.. namun tetap saja FTP merupakan bagian terpenting dalam perangkat komputer. Tanpa adanya FTP tentu saja komputer yang kita jalankan tidak dapat bekerja secara maksimal. Sekarang setelah kita mengetahui berbagai macam serba-serbi FTP, penulis berharap artikel ini dapat membantu pembaca yang telah membaca sampai akhir artikel ini, sebelumnya kami ucapkan terimaksih karena telah membaca artikel ini sampai akhir. Terimkasih. 

0 komentar:

Posting Komentar