Sabtu, 06 Juni 2020

5 Tips Mengisi Ulang Power Bank Anker dengan Benar Agar Awet

Power Bank Anker

Sama seperti baterai smartphone, baterai power bank juga butuh diisi ulang daya ketika hampir habis setelah digunakan. Dalam mengisi ulang daya baterai power bank, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar power bank Anker Anda bisa awet dan bertahan lama. Jadi, bagaimana tips mengisi ulang daya power bank dengan benar?

Mengisi Ulang Daya Baterai Power Bank

Agar power bank yang Anda miliki awet dan bisa bertahan lama, Anda bisa mengikuti tips mengisi ulang daya power bank Anker dengan baik dan benar berikut ini.

1. Perhatikan lampu indikator

Sebelum mengisi ulang, perhatikan lampu indikator terlebih dahulu. Kalau Anda menggunakan power bank digital, Anda bisa skip poin pertama ini. Lampu ini bukan hanya pajangan, melainkan menunjukkan sisa daya baterai yang ada di powerbank. 

Biasanya, lampu indikator ini berjumlah empat buah. Baterai dalam kondisi penuh ditandai dengan lampu indikator yang menyala semua. Jika hanya satu lampu yang menyala, berarti power bank butuh segera diisi ulang daya baterai. Hindari pemakaian power bank sampai benar-benar habis. Hentikan pemakaian ketika daya power bank hampir habis. 

2. Hindari mengisi ulang di PC atau laptop

Agar power bank Anker Anda awet, hindari mengisi ulang power bank melalui PC atau laptop jika tidak dalam keadaan darurat. Pun, Anda tidak boleh melakukannya terlalu sering karena akan membuat baterai power bank cepat rusak. Lagipula, pengisian daya melalui PC atau laptop memakan waktu lebih lama daripada melalui stop kontak.

Lakukan pengisian daya baterai power bank melalui stop kontak. Gunakan kabel asli dari power bank. Untuk kepala charger-nya,  Anda bisa menggunakan kepala charger dari smartphone Anda.

3. Lakukan isi ulang di tempat yang aman

Yang ketiga, pilihlah tempat yang aman ketika melakukan isi ulang power bank. Tempat aman yang dimaksud adalah tempat yang tidak memiliki suhu terlalu panas ataupun terlalu dingin.  Anda sebaiknya memilih tempat dengan suhu kamar. Mengisi ulang daya power bank di tempat dengan suhu yang terlalu tinggi atau rendah meningkatkan risiko power bank meledak.

4. Copot charger ketika power bank sudah penuh

Sama seperti baterai smartphone, baterai power bank juga sebaiknya tidak diisi daya berlebihan. Segera copot ketika power bank Anker Anda sudah penuh. Untuk menghindari pengisian daya berlebih, Anda perlu memperkirakan durasi atau waktu yang dibutuhkan sampai power bank terisi penuh.

Jika memungkinkan, pilihlah power bank yang memiliki kemampuan untuk memutus aliran listrik ketika baterai sudah penuh. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi power bank akan terisi daya secara berlebihan.

5. Pilih power bank dengan fitur fast charging

Yang kelima, pilihlah power bank dengan fitur fast charging. Seperti yang Anda tahu, semakin besar kapasitas baterai power bank, semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya sampai penuh. Dengan memilih power bank yang dibekali fitur fast charging, memungkinkan Anda tidak perlu menunggu lama sampai power bank terisi penuh.

Nah, itulah 5 tips mengisi ulang daya baterai power bank Anker yang Anda miliki. Mengisi ulang daya dengan baik dan benar termasuk dalam usaha merawat power bank Anda supaya lebih awet dan tahan lama. Jika pengisian daya tidak dilakukan dengan benar, power bank yang baru Anda beli pun akan mudah rusak dan tidak bisa bertahan lama.

0 komentar:

Posting Komentar