Kamis, 06 Agustus 2020

Isolasi Mandiri di Rumah? Lakukan Beberapa Hal Ini!

Isolasi Mandiri di Rumah? Lakukan Beberapa Hal Ini!

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang harus menjalani isolasi mandiri. Mulai dari merasakan gejala COVID-19 ringan, tinggal dengan orang yang memiliki gejala COVID-19, memiliki hasil rapid test yang positif namun tidak memiliki gejala, atau memiliki riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir. Ya, untuk menekan persebaran COVID-19, pemerintah memang menerapkan protokol isolasi mandiri bagi masyarakat dengan kondisi di atas. Jadi, jika Anda merasakan gejala COVID-19, baiknya lakukan konsultasi online dengan chat dokter mengenai covid-19 dan lakukan isolasi mandiri.

Isolasi mandiri biasanya dilakukan di rumah masing-masing. Berbeda dengan di rumah sakit, isolasi mandiri di rumah tak mendapatkan pendampingan dari tenaga medis. Oleh sebab itu, mengetahui cara tepat untuk melakukan isolasi mandiri wajib dilakukan agar tidak membahayakan kerabat dekat nantinya. Simak anjurannya:

Hindari kontak dengan penghuni rumah

Meskipun sulit untuk menghindari kontak dengan penghuni rumah, namun Anda bisa menyiasatinya dengan berdiam diri di kamar. Pilih satu ruang khusus sebagai tempat isolasi dan tetaplah berada di kamar selama 14 hari ke depan. Bahkan jika memungkinkan, gunakan kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko kontak dengan virus.

Gunakan peralatan mandi dan alat makan terpisah

Untuk mengurangi risiko penularan melalui droplet, gunakan peralatan mandi dan alat makan yang terpisah dari anggota keluarga lainnya. Setelah digunakan pun, usahakan untuk langsung mencucinya agar tidak terjadi penularan melalui alat makan atau alat mandi.

Bersihkan kamar secara teratur

Mengisolasi diri di ruang kamar bukan berarti membiarkan kamar tertutup secara terus-menerus. Sesekali, bersihkanlah kamar secara menyeluruh. Jika perlu, panggilah petugas profesional untuk membersihkan kamar dengan semprotan disinfektan agar virus dan bakteri pergi.

Cuci tangan dan gunakan masker

Meskipun di rumah, menggunakan masker dan cuci tangan sesering mungkin juga wajib dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. Cucilah tangan dengan air mengalir dan gunakan selalu masker untuk mencegah penularan kepada orang rumah lainnya melalui droplet.

Tetap optimis dan terapkan pola hidup sehat

Isolasi mandiri bukan berarti akhir dari segalanya. Penderita corona banyak yang bisa sembuh dan kembali sehat. Oleh sebab itu, selalu ikuti petunjuk dokter dan tetap lakukan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan selama isolasi mandiri. Silakan dilakukan dan semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar