Rabu, 30 September 2020

3 Bahaya Penyakit Meningitis yang Wajib Anda Waspadai

3 Bahaya Penyakit Meningitis yang Wajib Anda Waspadai

Anda yang hendak bepergian ke luar negeri atau melaksanakan ibadah umroh di Arab Saudi wajib melakukan vaksinasi meningitis. Meningitis merupakan penyakit peradangan yang terjadi di daerah meningen atau lapisan pelindung pada otak dan saraf tulang belakang. Kalau Anda berencana pergi ke daerah endemik meningitis, sebaiknya lakukan vaksinasi lebih awal. Vaksin Medan siap membantu Anda melakukan perlindungan diri dan keluarga dari risiko tertular meningitis yang berbahaya.

Bahaya penyakit meningitis

Ada beberapa penyebab penyakit meningitis yaitu bakteri, virus, jamur, dan bakteri. Orang yang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh memiliki risiko tinggi terpapar meningitis. Gejala awal terkena penyakit meningitis terkadang tidak disadari penderita seperti flu biasa. Namun, penderita balita kurang dari dua tahun akan mengalami benjolan di kepala. Anda harus waspada sebab penyakit meningitis bisa menyerang semua orang tanpa memandang usia. 

Waspadai bahaya penyakit meningitis bagi kesehatan tubuh yaitu :

1. Menimbulkan gejala skala ringan yang mengganggu aktivitas 

Pada tahap awal terkena penyakit meningitis, maka tubuh akan memunculkan gejala yang acap diabaikan. Penderita bisa mengalami nyeri kepala, nyeri leher, nyeri otot, mual, muntah, lesu, penurunan nafsu makan, dan mudah mengantuk. Jika Anda merasakan gejala yang berkaitan dengan penularan penyakit meningitis tahap awal, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Apabila penyakit meningitis disebabkan oleh virus, maka proses penyembuhan bisa lebih cepat sekitar 1-2 minggu saja. Dokter akan memberikan resep obat atau terapi tergantung dengan penyebab penyakit.

2. Gejala yang lebih berat 

Vaksin Medan bisa menjadi salah satu cara mencegah tertular penyakit meningitis atau radang otak. Saat seseorang terpapar penyakit meningitis akibat virus atau bakteri, gejala ringan bisa muncul selama dua minggu. Jika Anda mengabaikan gejala ringan yang dirasakan, maka kondisi penyakit meningitis yang lebih parah bisa mengganggu kesehatan. 

Gejala penyakit meningitis yang lebih parah ditandai dengan kejang, kaku pada leher, gangguan penglihatan, mengalami penurunan kesadaran, nyeri kepala hebat, demam diatas 38 derajat celcius, gangguan konsentrasi, gangguan pendengaran, dan kehilangan kontrol keseimbangan tubuh.

3. Lumpuh, tuli dan bisu 

Penyakit meningitis yang menyerang lapisan otak dan saraf tulang belakang bisa membuat pasien mengalami kelumpuhan, tuli hingga bisu. Berdasarkan keterangan dari dr. Muchtaruddin Mansyur, MS, SpKO yang menjabat Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, penderita penyakit meningitis susah disembuhkan. Pasien yang bisa sembuh namun mengalami masalah saraf bukan hal yang asing lagi. 

4. Kematian 

Setiap penyebab penyakit meningitis memiliki pengobatan berbeda.  Bakteri merupakan penyebab penyakit meningitis yang paling berbahaya sebab bisa mengakibatkan penderita mengalami gangguan kesehatan paling parah hingga kematian. Neisseria meningitidis, Streptococcus pneumoniae dan Listeria monocytogenes merupakan jenis bakteri yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit radang otak.

Selain itu, parasit Naegleria fowleri yang biasa hidup di perairan tawar merupakan amoeba pemakan otak yang berbahaya. Risiko gangguan saraf dan kematian pada penderita penyakit meningitis cukup tinggi. Anak-anak dan lansia adalah orang yang rentan terkena penularan penyakit meningitis dengan risiko 50 persen alami kematian.  Mengerikan, bukan? 

Berdasarkan dampak buruk dari penyakit meningitis di atas, Anda wajib mencegah penularan penyakit dengan menjaga pola hidup sehat. Sistem kekebalan tubuh yang bagus bisa menjadi pelindung dari risiko paparan penyakit. Jangan lupa untuk melakukan upaya pencegahan dengan melakukan vaksinasi meningitis. Ajak seluruh anggota keluarga Anda menjalankan prosedur vaksin Medan terkait pencegahan penyakit meningitis sejak dini!

Dapatkan kemudahan program vaksin meningitis di halodoc 

Halodoc merupakan situs kesehatan era digital yang menawarkan fitur menarik terkait pencarian tempat vaksin kredibel di seluruh wilayah Indonesia. Anda bisa langsung mengetikkan kata kunci kota dan program vaksin yang diinginkan. Lakukan janji temu dengan dokter sesuai jadwal yang Anda butuhkan di tengah situasi pandemi COVID-19. 

Kini Anda tidak perlu mengantri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi meningitis di klinik konvensional. Gunakan layanan halodoc dan dapatkan fasilitas pelayanan sesuai kebutuhan Anda, ya!

0 komentar:

Posting Komentar