Jumat, 18 September 2020

Menjelajahi Wisata Raja Ampat, Kepingan Surga di Ujung Barat Indonesia

Menjelajahi Wisata Raja Ampat, Kepingan Surga di Ujung Barat Indonesia
Sumber: https://lifestyle.bisnis.com/

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? Gugusan pulau yang dibalut oleh birunya lautan di ujung Barat Indonesia yang pesonanya tidak tertandingi hingga ke berbagai negara. Tempat yang bernama Kepulauan Raja Ampat ini berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Tentu saja wisata Raja Ampat sudah tidak diragukan lagi. Pulau-pulau karang cantik yang tersusun rapi di lautan lepas sudah menjadi ikon dan dikenal dimana-mana. Wisata Raja Ampat bak surga yang keindahannya yang tidak dapat digambarkan dengan kata-kata. Dan di antara banyak potensi wisatanya, berikut beberapa yang akan membuat terpana. 

Pulau Wayag

Sumber: https://www.kompasiana.com/

Penggambaran Raja Ampat dengan gugusan pulau karang berwarna hijau dan lautan biru yang kerap muncul di berbagai media berasal dari Pulau Wayag ini. Yup, Pulau Wayag merupakan salah satu ikon Raja Ampat. Selain jejeran pulau karangnya, Wayag juga terkenal dengan kekayaan bawah lautnya. Bahkan Pulau Wayag telah dinobatkan menjadi salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia. 

Kepulauan Pianemo

Sumber: https://maido.id/

Kepulauan Pianemo disebut juga sebagai miniaturnya Pulau Wayag. Ini karena gugusan pulau Karang di Kepualauan Pianemo hampir sama dengan yang ada di Pulau Wayag. Yang membedakan adalah ukuran gugus pulau di Pianemo lebih kecil. Meskipun kecil namun pesonanya tidak kalah dengan Pulau Wayag yang telah menjadi ikon Raja Ampat. Untuk mendapatkan pemandangan tersebut Anda harus menaiki 336 anak tangga agar dapat mencapai puncak bukit. Terasa sangat melelahkan bukan? Namun semua itu akan terbayar lunas saat Anda sudah melihat pemandangan indah yang disuguhkan dari atas.  

Pulau Misool

Sumber: https://gotripina.com/

Misool merupakan salah satu dari empat pulau terbesar yang ada di Raja Ampat. Di pulau inilah Anda dapat membuktikan bahwa Raja Ampat merupakan bagian dari segitiga karang dunia. Lautan jernihnya mengizinkan Anda untuk melihat betapa kayanya bawah laut Misool yang dipenuhi oleh karang-karang berwarna-warni serta ikan-ikan cantik yang berlari ke sana kemari. Misool juga mempunyai laut dengan air yang sangat jernih. Saking jernihnya jarak pandang di sini bisa mencapai 25 meter. 

Pulau Salawati

Sumber: https://henryaja.wordpress.com/

Dari keempat pulau yang ada di Raja Ampat, Pulau Salawati adalah yang terbesar. Sama dengan pulau lainnya, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan laut nan biru dengan kejernihan yang luar biasa. Namun yang membuat istimewa adalah karena di laut pulau ini terdapat ikan pelangi yang jarang ada di dunia. Di Pulau Salawati Anda pun bisa sekaligus berwisata budaya dan sejarah. Bergabung bersama masyarakatnya yang ramah untuk mempelajari mengenai pulau ini lebih dalam. Serta mengunjungi kapal-kapal perang yang karam untuk menjelajahi sejarah masa lalu. 

Pulau Kri

Sumber: https://micdiver.com/

Jika ditanya spot menyelam paling sempurna di Raja Ampat, maka jawabannya adalah laut Pulau Kri. Di antara pulau lainnya, Pulau Kri yang mempunyai biota laut yang lebih beragam. Setidaknya ada spesies 374 ikan yang hidup di sini. Di sini Anda dapat melihat barakuda, jacks, batfish dan kakap yang hidup berdampingan dengan ikan kecil, karang kecil, hiu, ikan kerapu, hingga kura-kura. Dan spot yang paling diminati oleh wisatawan adalah Cape Kri, tempat dimana Anda dapat berenang bersama hiu dan ikan lainnya tanpa repot ke dasar laut. 

Raja Ampat adalah mimpi yang menjadi nyata. Bentang alam menakjubkan itu memang ada di kepulauan yang bernama Raja Ampat, kepingan surga di ujung Barat Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar