Kamis, 17 Juni 2021

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Taubat Sesuai Syariat

Panduan Lengkap Tata Cara Sholat Taubat Sesuai Syariat

Sebelum melakukan sholat tentu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan supaya sholat yang dilakukan sah, tidak terkecuali dengan sholat taubat. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum sholat taubat supaya apa yang diinginkan dapat diterima dan dikabulkan oleh Allah. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan tentang tata cara sholat taubat berikut!

Syarat yang Harus Dipenuhi Ketika Bertaubat

Taubat merupakan bentuk permohonan ampun dari seorang hamba kepada Allah untuk segala dosa dan kesalahan yang pernah dilakukan. Tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya taubat yang dilakukan diterima oleh Allah. Setidaknya ada tiga syarat yang haru dipenuhi jika dosa yang pernah dilakukan hanya berhubungan dengan Allah.

Ketiga syarat yang harus dipenuhi adalah meninggalkan maksiat yang dilakukan, menyesalinya dengan jujur, dan bertekad tidak mengulanginya lagi. ketiga-tiganya harus dipenuhi sebagai wujud taubat nashuha atau taubat yang sesungguhnya. Allah tidak akan menerima taubat yang dilakukan karena main-main saja dan tidak akan niat untuk menjauhi maksiat tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah, salah satunya dengan cara sholat taubat. Namun, jika maksiat yang pernah dilakukan melibatkan hak orang lain dan berbuat zalim, maka harus meminta maaf kepada orang yang bersangkutan dan mengembalikan haknya.

Tata Cara Melakukan Sholat Taubat

Sebagaimana sholat pada umumnya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengambil wudhu yang sempurna sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Setelah berwudhu dan siap melaksanakan sholat, terlebih dahulu melafazkan niat terlebih dahulu. Niat yang lebih utama adalah yang dilafazkan di dalam hati dengan sungguh-sungguh.

Adapun niat dari sholat taubat adalah usholli sunnatan taubat rok’ataini lillahi ta’ala yang artinya aku berniat melaksanakan sholat taubat sebanyak dua rokaat karena Allah ta’ala. Setelah itu, anda bisa menjalankan sholat seperti biasa dan tidak ada bacaan khusus di dalam sholat taubat, sehingga anda bisa memilih surat apa saja yang ingin dibaca setelah Surat Al-Fatihah.

Setelah melaksanakan sholat taubat sebanyak dua rokaat, anda bisa memperbanyak istighfar dan dzikir yang masih menjadi satu rangkaian tata cara sholat taubat. Istighfar di sini merupakan wujud permohonan ampunan kepada Allah atas segala kesalahan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak-banyaknya.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Taubat

Setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan dan dosa, sehingga penting untuk memohon ampun kepada Allah karena hanya Allah yang dapat memberikan ampunan kepada para hamba-Nya. Sebab, pintu taubat akan terus dibuka oleh Allah selama hamba-Nya masih bernyawa dan dapat memperbaiki kesalahannya.

Artinya, fasilitas taubat ini hanya bisa dinikmati oleh hamba yang masih hidup dan bernyawa. Setelah nyawa seorang hamba diambil oleh Allah, maka pintu taubat tersebut sudah tidak dapat diakses kembali. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memohon ampun kepada Allah.

Anda bisa menggunakan cara sholat taubat sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memohon ampun kepada Allah dengan niat dan tata cara yang sudah dijelaskan di atas. Shalat ini dapat dilakukan kapan saja asalkan tidak di waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat, yang terpenting adalah niat yang sungguh-sungguh dan ikhlas.

Pintu taubat akan selalu terbuka untuk setiap hamba yang masih diberi kesempatan hidup di dunia. Siapa saja yang memohon ampun dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan ampunan dari Allah dan dihapuskannya dosa yang pernah dilakukan. Hanya Allah yang dapat memberikan ampun dan menghapus dosa seorang hamba.

0 komentar:

Posting Komentar