Jumat, 24 September 2021

Syarat Ganti Plat Nomor Motor Dan Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK

Syarat Ganti Plat Nomor Motor Dan Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK

Plat nomor atau nama resminya TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) merupakan nomor unik yang diberikan pada setiap kendaraan bermotor sebagai tanda agar lebih mudah mengenali kepemilikan kendaraan. Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib mendaftarkan kendaraannya di Samsat sebelum kendaraan dioperasikan. Pendaftaran ini guna mendapatkan dokumen pelengkap kendaraan yaitu BPKB (bukti kepemilikan kendaraan bermotor) dan STNK (surat tanda nomor kendaraan) serta TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor). STNK dan TNKB memerlukan pengesahan setiap 5 tahun sekali dan akan diterbitkan TNKB yang baru dan perlu juga dilakukan pengesahan setiap setahun sekali. Setiap perpanjangan tahunan ini lembar STNK akan dibubuhi cap atau stiker pada kolom yang ada. Dan saat kolom tersebut penuh berarti saatnya STNK dan TNKB diperbarui. Untuk cara melihat biaya perpanjangan STNK dapat dilihat secara online melalui aplikasi/website e-samsat daerah masing-masing.

Biaya Ganti Plat Nomor dan Perpanjangan STNK

Untuk biaya penerbitan TNKB dan biaya perpanjangan STNK memiliki perbedaan berdasarkan jenis kendaraannya. Untuk kendaraan roda dua dan tiga, biaya ganti platnya sebesar Rp. 60.000,-, dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 100.000,-. Kemudian untuk Biaya perpanjang STNK bagi kendaraan roda dua dan tiga sebesar Rp. 100.000,- dan kendaraan roda 4 sebesar Rp. 200.000,-. Terakhir untuk biaya pengesahan STNK roda dua dan tiga adalah sebesar Rp. 25.000,- dan Rp.50.000,- untuk kendaraan roda 4. 

Jangan lupa juga perpanjang STNK dengan membayar pajak kendaraan tiap setahun sekali. Biaya perpanjangan stnk tahunan dapat dilihat dalam tabel pada STNK. 

Syarat Penggantian Plat Nomor di Samsat

Setelah mengetahui cara melihat biaya perpanjangan STNK dan berapa besaran pajak kendaraan yang harus anda bayar mulai dari tahunan sampai dengan 5 tahunan, anda juga perlu mengetahui tentang syarat penggantian plat nomor kendaraan di samsat. Tentu penggantian plat nomor kendaraan tidak bisa sembarangan, ada prosedur yang harus dipatuhi. Untuk itu sebelum anda datang ke samsat, persiapkan dulu syarat-syaratnya dengan baik, yaitu:
  • STNK asli dan fotokopi (1 lembar)
  • KTP asli sesuai STNK dan fotokopi (1 lembar)
  • BPKB asli dan fotokopi (1 lembar)
  • Motor yang akan dibayar pajaknya.

0 komentar:

Posting Komentar