inet.detik.com

Intenet merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat di zaman modern ini. Di negara maju, internet cenderung bisa diakses dengan kecepatan tinggi. Sehingga memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Namun,  banyak yang bertanya-tanya apa yang membuat kecepatan internet saya menjadi lambat? Nah artikel ini akan menjabarkan apa saja yang mempengaruhi kecepatan akses internet  yang kamu miliki. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet:

Komputer atau Laptop

Perangkat keras atau komputer bisa menjadi penyebab cepat atau lambatnya kecepatan akses. Karena komputer mempunyai perangkat yang terdiri dari RAM, hardisk, dan prosesor yang mempunyai peran penting dalam sistem kerja komputer tersebut. Jika salah satu perangkat tersebut mempunyai kecepatan rendah, dapat mempengaruhi kecepatan akses internet yang menjadi lambat.

Modem

Modem juga sangat mempengaruhi kecepatan akses internet. Modem mempunyai kecepatan yang berbeda-beda. Modem yang sering digunakan adalah modem yang berkecepatan 56 kbps. Sehingga kecepatan akses pada internet masih standar atau stabil.

Besar Bandwidth

Besarnya bandwidth juga dapat mempengaruhi kecepatan akses. Bandwidth mempunyai cakupan frekuensi yang digunakan oleh jaringan pada medium transmisi. Satuan bandwidth adalah Hertz. Semakin besar bandwidth yang digunakan, maka semakin cepat pula kecepatan akses pada internet.

Jaringan Komunikasi

Jaringan komunikasi mempunyai beberapa macam yaitu CDMA, GSM, GPRS, HSDPA, 3G, 4G, 5G dan line telephone. Setiap jaringan tersebut memberikan kecepatan akses yang berbeda-beda. Kecepatan jaringan internet paling rendah adalah line telephone. Sehingga kamu dapat menggunakan jaringan yang lebih tinggi seperti GSM agar kecepatan download dan upload lebih cepat.

Jumlah pengguna

Kecepatan akses internet pada jam-jam tertentu biasanya sangat lambat, ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang mengakses internet secara bersamaan. Pada jam 08.00 – 15.00 WIB biasanya jaringan internet sedang sibuk-sibuknya. Untuk itu bila tidak mendesak lebih baik mengakses internet di luar jam tersebut.

Komentar

Lebih baru Lebih lama